IndeksSelamat DatangPendaftaranLogin
Forum
Similar topics
January 2018
MonTueWedThuFriSatSun
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031    
CalendarCalendar
Clock

Share | 
 

 Sistem ADS Automatic Decompression System Sepeda Motor

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
gilo
2nd Lt. Grade 1
2nd Lt. Grade 1
avatar

Jumlah posting : 82
Join date : 24.10.10

PostSubyek: Sistem ADS Automatic Decompression System Sepeda Motor   Tue Oct 26, 2010 6:23 pm

ADS atau automatic decompression system adalah suatu piranti yang digunakan oleh pabrikan motor, guna memudahkan penyalaan mesin baik dengan elektrik ataupun kick starter alias kaki. Sebelum sistem ADS ini diterapkan sering kali saat kita menghidupkan mesin dengan kick starter, terasa berat. Hal ini dikarenakan mesin memiliki kapasitas silinder besar atau kompresi besar. Dampaknya, kondisi ini kadang bisa bikin kita malas memakai sepeda motor sebagai alat transportasi. Nah, dengan adanya sistem ADS ini maka kerja accu menjadi lebih mudah untuk menghidupkan mesin karena start awal jadi tidak berat.Fungsi Kerja ADSADS bekerja dengan cara menekan katub buang saat langkah kompresi, sehingga katub buang terbuka sedikit dan kompresi mesin menjadi bocor. Dengan kata lain, ADS bekerja membocorkan kompresi sehingga membuat piston akan berhenti di posisi dimana dia tidak mampu menekan campuran bensin-udara. Cara kerjanya sendiri adalah saat dimana kunci kontak kita matikan, maka saat itu pula tidak ada percikan busi sehinga tidak terjadi langkah power atau tenaga ( biasanya terjadi akibat percikan busi meledakkan campuran bahan bakar dan udara.)Karena tidak adanya langkah tenaga, secara otomatis gerakan poros engkol semakin lama semakin lemah, sehingga poros engkol tidak memiliki cukup tenaga untuk menekan bahan bakar dan udara pada saat piston bergerak naik pada langkah kompresi. Kita tau bahwa udara juga memiliki sifat melawan balik saat kita berusaha menekannya. Maka saat piston bergerak naek ke atas menuju TMA (titik mati atas), dorongan poros engkol yg lemah ini akhirnya tidak mampu menekan, dan campuran bahan bakar-udara akan melawan balik sehingga piston akan bergerak mundur dengan putaran berlawanan dari arah semula.Gerakan mundur dari piston dan gerakan putaran terbalik dari poros engkol ini akan memutar nok atau tonjolan ADS, sehingga pelatuk exhaust atau rocker arm ex (templar) akan tertekan, dengan tertekan nya pelatuk ini, maka katub buang akan membuka dan kompresi di ruang bakar menjadi bocor.Nok Pada ADS Ya, ADS memiliki nok atau tonjolan seperti noken as (camshaft) namun tidak setinggi tonjolan noken as. Nok ADS ini tidak bekerja saat mesin hidup, karena nok ADS akan tertahan oleh Stopper ADS. Automatic Decompression System hanya bekerja saat putaran mesin berbalik arah. Tinggi tonjolan ADS sendiri hanya sekitar 1-2mm dan terletak di poros noken as, tepatnya di sebelah tonjolan nok exhaust.Bagaimana ADS bisa memudahkan menyalakan mesin? Ini ada hubungannya dengan nok ADS tadi. Kita tahu bahwa kondisi terakhir di atas adalah, katub buang terbuka sedikit dan kompresi bocor. Nah, saat hendak dipakai keesokan harinya atau setelah nya, kick starter yang kita lakukan adalah dimulai dari kondisi ruang bakar yang bocor kompresi karena ditekan oleh nok ADS. Itu sebabnya kick starter jadi lebih ringan Oya, nok ADS sendiri akan tertahan oleh stopper sehingga dia tidak bekerja menekan katub exhaust. Maka hati-hati aja saat kita membongkar motor stopper, ADS jangan lupa terpasang.FAQ seputar sistem ADSApa bedanya dengan motor tipe sport yang tidak dilenkapi ADS ?Pada motor yang tidak dilengkapi system ADS, maka saat piston bergerak naek ke TMA pada langkah kompresi, bensin dan udara akan melawan balik. Sehingga piston akan mundur dan poros engkol berputar terbalik. Piston akan berhenti di titik paling bawah (TMB). Kondisi ini menyebabkan saat hendak dilakukan kick starter kaki kita melawan sisa kompresi. Itu sebabnya kenapa terasa berat dan kadang membuat kita harus mencari selah agar kick starter jadi lebih mudah.Mengapa mayoritas sistem ADS ini terpasang di motor-motor type bebek atau cub seperti Suzuki Smash, Yamaha Vega ataupun Honda Supra. Sedang pada type sport tidak?Harus kita sadari dulu bahwa kemunculan motor bebek adalah diperuntukkan bagi wanita, sedangkan motor sport dengan sistem kopling tangan diperuntukkan bagi laki-laki. Sebenarnya inilah yang menjadi alasan mengapa pada type bebek penerapan sistem ADS lebih diutamakan. Kita bisa bayangkan bila kaum wanita untuk bisa menaiki motor harus mengengkol kick starter dengan berat dan susah. Bisa-bisa betisnya yang berat sebelah… Namun seiring teknologi electric starter, dimana hampir semua pengguna sepeda motor saat ini lebih memilih memakai sistem electric starter ini untuk menyalakan mesin motor mereka, karena lebih nyamanan dan praktis membuat beberapa pabrikan sepeda motor sudah tidak mengaplikasikan sistem ADS ini pada motor-motor bebek mereka. Seperti Honda Blade yang sudah tidak memakai sistem ADS lagi.Apakah moge alias motor gede juga ada sistem ADS?Iya benar, pada motor-motor besar dengan kapasitas silinder diatas 250 sampai 1500cc bahkan 2000cc sangat membutuhkan sistem ADS ini. Dengan dimensi mesin yang besar dan jumlah silinder yang banyak serta rasio kompresi yang besar pula, sangat tidak mungkin kaki kita bisa meng-engkol dengan kick starter. Bisa bengkok2 tuh kaki…
Kembali Ke Atas Go down
 
Sistem ADS Automatic Decompression System Sepeda Motor
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» 10 motor jalanan tercepat di dunia
» Aragon untuk Tomizawa

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: |F.K.B| Berita Terbaru :: Otomotif-
Navigasi: